Mengenal Halaman Administrasi WordPress: Dashboard

Halaman awal yang tampil setelah log-in adalah halaman Dashboard. Halaman dashboard berisi rangkuman ‘apa yang sedang terjadi’ di dalam wordpress.

Bagian (1) merupakan jendela utama. Disini berisi ringkasan informasi seperti post apa saja yang belum selesai, siapa saja yang memberikan komentar, atau berbagai informasi lain. Beberapa plugin juga akan menampakkan diri di bagian ini.

Dibagian kiri (2) terdapat menu untuk mengakses halaman lain dari admin, seperti untuk membuat post, page, konfigurasi, mengubah theme, dll. Saya akan membahas fungsi menu-menu ini sepanjang tutorial wordpress di duniailkom ini.

Di bagian atas (3) Adalah admin menu-bar. Disini terdapat beberapa tombol shortcut, dan di sisi kanan atas terdapat tombol logout.

Halaman dashboard dan semua menu administrasi ini dikenal juga sebagai Back End Page, atau ‘halaman belakang’. Maksudnya, semua yang kita lihat di bagian ini hanya bisa diakses oleh administrator atau user tertentu saja. Bagian situs yang akan dilihat oleh pengunjung (menggunakan theme twenty fifteen) di sebut dengan Front End Page, atau halaman depan.

Tampilan dashboard saat ini masih sepi karena saya memang belum membuat posting apapun. Tapi seiiring kita membuat artikel, dan menginstall berbagai plugin, tampilan Dashboard akan terlihat ‘ramai’. Sebagai contoh, berikut adalah tampilan admin dari situs duniailkom:

Share! ke media sosial anda...!