Bagaimana cara WordPress bekerja?

WordPress pada dasarnya adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser.

Selain menggunakan PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang digunakan untuk menyimpan seluruh artikel, komentar, dan data-data lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan wordpress di dalam komputer lokal, saya akan menggunakan aplikasi XAMPP (tutorialnya akan kita bahas dalam sesi berikutnya).

Jadi, bagaimana cara untuk membuat web ‘live’ di internet?

Walaupun kita akan mencoba menggunakan wordpress di komputer lokal (inilah yang akan kita pelajari nantinya), namun wordpress hanya akan berguna pada situs live yang bisa diakses di internet. Jadi, bagaimana caranya?

Tersedia dua pilihan untuk hal ini. Pertama adalah mendaftar di situs www.wordpress.com, dan anda akan memiliki situs dengan wordpress pada alamat: nama_anda.wordpress.com. Situs wordpress ini gratis namun dengan beberapa batasan. Salah satunya kita tidak bisa menggunakan theme sendiri (hanya bisa menggunakan theme yang disediakan).

Cara kedua adalah membuat website pribadi dengan menyewa domain dan web hosting. Melalui cara ini kita bisa mengakses seluruh fitur dari wordpress, namun hal ini tidak gratis. Untuk mendapatkan nama situs seperti www.duniailkom.com, anda harus menyewanya melalui situs penyedia domain. Sedangkan untuk meletakkan file-file seperti artikel, gambar, video, dll harus menyewa web hosting.

Situs untuk menyewa domain dan web hosting ini ada yang global (luar negeri), namun banyak juga yang lokal (server Indonesia). Untuk yang lokal anda bisa menggunakan niagahoster, masterwebnet, jogjahost, jagoanhosting, atau qword. Untuk yang global bisa mencoba di hawkhost, bluehost, atau hostgator.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat situs live?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat website sendiri dengan nama domain pribadi bisa beragam, tergantung pilihan nama domain dan kapasitas web hosting yang dibutuhkan. Sebagai gambaran, untuk menyewa nama www.duniailkom.com, kira-kira sekitar 120rb/tahun, dan web hosting juga tersedia mulai dari 50rb/tahun. Untuk tutorial cara membuat situs live ini akan saya bahas dalam tutorial lainnya.

Update: Duniailkom telah membuat tutorial khusus tentang cara membuat website online, mulai dari cara membeli web hosting dan web domain hingga cara instalasi wordpress menggunakan cPanel web hosting. Tutorial lengkapnya bisa lanjut ke: Tutorial Cara Membuat Web Online.

Share! ke media sosial anda...!